Semboyan kita bersatu itu teguh, bercerai itu runtuh, dan hal tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi untuk rakyat Indonesia. Semboyan itu telah mendarah daging di dalam di dalam tubuh kita masing-masing.

Terlebih lagi di situasi saat ini.

Semua itu berawal sejak awal tahun 2020, bahkan akhir tahun 2019, di mana masyarakat masih tidak tahu-menahu tentang apa yang akan terjadi satu tahun ke depan. Bayangan kabur masih menyelimuti pikiran dan pandangan kita saat itu.

Tetapi, semua itu perlahan-lahan mendekati.

Januari, Februari, Maret. Ini semua tidak berujung! Kapan ini semua akan selesai?

Hari demi hari, minggu demi minggu, bahkan tahun demi tahun kita…


‘Gila panas banget hari ini!’

Benar, hari itu sangat panas, temperatur menunjukkan 31 derajat celcius, dan itu aneh. Bukankah Desember merupakan bulan musim dingin? Kenapa masih ada matahari muncul terang-terangan di atas sana? Ke manakah semua awan-awan yang seharusnya menyelimuti langit siang hari ini?

‘Udahlah, emang di sini cuacanya random banget’

Aku pun melihat jam tangan dan waktu pun sudah menunjukkan pukul 2 siang waktu setempat.

‘Rio, gue duluan ya, mau masuk kelas nih’

Aku pun melambaikan tangan ke arah Rio dan ia pun membalas lambaian tanganku dengan tersenyum. …


Lingkungan baru, gaya baru.

Itulah yang aku rasakan saat tiba di Taiwan, semuanya baru. Mulai dari teman, bahasa, pelajaran, bahkan kelakuan-kelakuan orang di sekitar.

Ciuman.

Sudah tidak asing lagi bagi kita saat membaca kata ini. Sekadar mengingatkan, menurut internet arti ciuman adalah saling melekatkan bibir atau bisa disebut juga dengan kecupan.

Ciuman tidak hanya bisa dilakukan oleh sepasang kekasih, melainkan dapat juga diberikan oleh ibu sebagai tanda kasih sayang. Ciuman juga bisa diberikan oleh sahabat sebagai tanda kasih dari mereka.

Mungkin bagi beberapa orang ciuman merupakan hal yang agak memalukan untuk dibicarakan, malah sebaiknya tidak dibicarakan sama sekali.

Aku pribadi…


Kata siapa LDR itu susah? Nggak kok. Orang yang bisa LDR adalah mereka yang kuat, dan itu nggak susah.

Aku dan pacarku sudah berjalan cukup lama, dan tanggal 17 bulan ini akan menjadi official 4 tahun.

Meskipun tinggal menghitung hari, keadaan berkata lain. Bulan depan waktunya aku meninggalkan Surabaya, yang artinya kita nggak bisa ngerayain anniversary ke-4 bareng-bareng. Sedih sih, ini pertama kalinya kita bakal dipisahkan oleh jarak, yang meskipun masih satu benua, tapi jarak dari Surabaya ke HongKong sangatlah jauh. Bahkan, tidak ada yang tahu apakah pada setiap liburan aku bisa pulang atau tidak. …


Menuntut ilmu di negara lain merupakan tantangan sendiri, terlebih pada pergaulan yang akan dihadapi di sana.

Nakal? Biasa aja tuh.

Narkoba? Nggak juga, lebay ah.

Beruntung sekali di sini aku dihadapkan dengan teman-teman yang baik.

Tapi

Apa benar mereka semua teman?

Semester 1

Hari itu merupakan hari-hari awalku berkuliah di sini. Ada teman-teman yang kenal, ada juga yang tidak, semua masih dalam proses pendekatan.

Lalu aku bertemulah cewek ini, gadis berambut hitam sebahu, kurus, berkacamata, dan suka dikuncir satu. Namanya adalah Ana. Aku yakin, setiap orang yang pertama kali bertemu dia, pasti menganggap bahwa dia seseorang yang sinis dan tidak…


Bagi orang-orang yang mudah homesick, baru 5 hari meninggalkan rumah saja sudah seperti setahun rasanya, ingin cepat-cepat pulang ke rumah dan kembali bertemu dengan keluarga.

Tapi itu berbeda bagiku.

Tidak pernah ada rasa rindu ataupun ingin kembali saat bepergian pada saat itu, selalu kurang saja rasanya. Senang? Tentu. 5 hari tidak akan pernah cukup, apalagi yang hanya sehari pulang pergi. Selalu ada saja keinginan untuk tinggal di sana lebih lama lagi, tanpa memikirkan rasa homesick atau rindu rumah.

Sudah 8 bulan sejak kepergianku dari negara asalku menuju ke Taiwan, tempatku menuntut ilmu di perguruan tinggi di sana.

Banyak yang terjadi…


Dengan atau tanpa kita sadari, banyak yang bisa berubah dalam satu hari.

Dalam satu hari, seseorang bisa saja baru lahir ke dunia ini, di tengah-tengah keluarga yang bahagia dengan tetesan air mata dan cucuran keringat dari seorang ibu yang baru saja melahirkan.

Dalam satu hari, seseorang bisa saja berubah, entah itu menjadi lebih baik atau lebih buruk dalam sifat, sikap, maupun perekonomiannya, semua itu bisa saja berubah dalam satu hari.

Dalam satu hari, seseorang bisa saja pergi meninggalkan kita, baik yang jauh maupun dekat sekalipun, dengan atau tanpa kita sadari, diiringi dengan datangnya orang-orang yang baru masuk ke dalam kehidupan…

Maylene Cantata

kindly check our taiwanese food tiktok page as well @eatwithus.tw that means a lot🥰

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store